Kabar Berita Politik Terbaru Seputar Indonesia

Merupakan tempat sajian kabar berita terbaru seputaran berita indonesia tentang politik

Friday, November 22, 2019

Melihat Perbandingan Spooring Dan Balancing Pada Mobil

Melihat Perbandingan Spooring Dan Balancing Pada Mobil

Kbptindonesia.blogspot.com, Jakarta - Ban roda menjadi salah satu bagian mobil yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan saat mobil berlaju. Kestabilan dan kenyamanan saat berkendara amat tergantung pada setelan roda mobil

Oleh karena itu, bagian roda dan kaki - kaki perlu dapat di perhatikan lebih dengan manfaat sporing dan balancing. Pada prinsipnya, layanan ini mengembalikan setinggan roda mobil seperti semula agar di saat mengendara lebih nyaman dan dapat di kendalikan dalam kecepatan berapapun.

Untuk cara mengetahui mobil sudah perlu di spooring adalah dengan mengendarai pada kecepatan rendah, ujar Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong.Saat di tanya oleh KBPTINDONESIA belum lama ini.

Di sekitar 40-50 kpj, kalau di setir mobil belok sendiri ke kanan atau kekiri, istilahnya lari sendiri itu perlu di seting kembali dan itu perlu du spooring.

Spooring di lakukan saat posisi setir tak sama dengan posisi roda. Makanya posisi roda harus di kembalikan pada posisi awal dengan cara mengatur Front Wheel Alignment.

Melihat Perbandingan Spooring Dan Balancing Pada Mobil


Deni mengatakan, proses ini dilakukan dengan menyetel sudat camber dan sudat caster. Sebab saat posisinya melenceng terlalu jauh, mobil jadi lebih susah di kendalikan.

Sementara itu, ban yang perlu di balancing dapat di ketahui pada kecepatan tinggi, misalnya di saat kecepatan 100 kpj ada getaran yang terasa ke dalam kabin mobil.

Getaran ini biasanya karena antara ban sebelah kanan dan kiri tidak seimbang, dengan mesin balancing dia akan membaca titik mana bagian roda yang butuh keseimbangan.

Titik tersebut akan di tempel besi ataupun timah kecil sebagai penyalaraas keseimbangan mobil itu sendiri. Setelah di tempelin alat itu bobot rodapun menjadi stabil, sehingga getaran yang timbulpun bisa hilang ya paling tidak di minimalisir

Ibaratnya ban di timbang, sisi kanan dan di sisi kiri harus Zero 0

No comments:

Post a Comment