Kabar Berita Politik Terbaru Seputar Indonesia

Merupakan tempat sajian kabar berita terbaru seputaran berita indonesia tentang politik

Sunday, January 12, 2020

Kapal Perang TNI AL Siaga Di Perairaan Natuna


KBPTINDONESIA.BLOGSPOT.COM, RIAU - Hikmahanto Juwana pakar hukum internasional dari universitas Indonesia menilai, banyak kalangan internasional mempertanyakan kenapa Kapal perang KRI ada di perairan Natuna Utara.

Pasal nya kapal perang tersebut berada di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif ( ZEE ) Indonesia dan bukan di wilayah kedaulatan Indonesia

Kapal Perang TNI AL Siaga Di Perairaan Natuna


Mohon maaf karena banyak yang bisa soal ini di dunia Internasional, koq AL banyak berada di ZEE, karena biasanya kapal yang berada di ZEE adalah kapal Sipil bukan kapal Perang.

Hikmahanto menyebutkan China menggunakan kapal Coast Guard untuk mengawal kapal nelayan mereka di wilayah yang di Claim masuk di wilayah nine dash line.

Sedang kan Indonesia mengusir kapal nelayan asing menggunakan kapal perang 

Ya saya sebagai orang indonesia memaklumi pasalnya kapal coast guard Indonesia tidaklha begitu besar baik itu punya kementerian Kelautan dan Perikanan ataupun punya Badan Keamanan Laut ( Bakamla ) tidak terlalu besar.

Sedangkan untuk melakukan patroli di wilayah ZEE di perlukan kapal-kapal yang besar bertonaase seperti kapal yang di miliki TNI AL


Di lain pihak fungsi kapal TNI AL disana tidak hanya sebagai penegak kedaulatan tetapi juga sebagai penegak hukum. idn poker

Disisi lain dunia melihat kenapa kapal perang TNI ada berada di wilayah ZEE kan aneh.

Tapi saya sebagai orang indonesia akan menjawab bahwa kapal TNI AL itu tidak hanya berperan sebagai penegak hukum kedaulatan tetapi juga penegak hukum.

No comments:

Post a Comment