Kabar Berita Politik Terbaru Seputar Indonesia

Merupakan tempat sajian kabar berita terbaru seputaran berita indonesia tentang politik

Tuesday, November 26, 2019

Ilmuwan Selidiki Oksigen Di Atmoster Planet Mart Yang Berperilaku Tidak Biasa

Ilmuwan Selidiki Oksigen Di Atmoster Planet Mart Yang Berperilaku Tidak Biasa

KBPTINDONESIA.BLOGSPOT.COM, SAINS - Akhir-akhir ini, oksigen berperilaku tidak biasa di atmoster Planet Mars, tentu penenuan nya terbilang sangat unik karena biasa metanalah yang selalu bermasalah di atmoster Mars.

Dikutip dari Universe Today 14 November 2019, Robot Curiosity NASA sedang sibuk memeriksa Planet Mars apakah Planet ini mendukung adanya kehidupan mikoba di masa lalu.

Ilmuwan Selidiki Oksigen Di Atmoster Planet Mart Yang Berperilaku Tidak Biasa


Fokus utamanya adalah bebatuan yang membentuk Planet Mars. Namun Curiosity juga mengambil pengukuran atmosfer menggunakan instrumen Sample Analysis At Mars ( SAM )

Sam dapat mengukur dan menganalisis organik maupun gas di atmosfer Mars. Sam juga dapat menentukan apakah gas memiliki asal biologis atau asal geokimia.

Selama tiga tahun menjadi penghuni Mars. Curiosity telah menggunakan SAM untuk mengukur atmofer di Kawah Gale Crater dan Melacak perubahan.

Hasil dari pemeriksaan, komposisi atmosfer di permukaan mars berubah setiap pergantian musim. Selama musin dingin Mars, Karbon dioksida (CO2) membeku dan menurunkan tekanan atmosfer, sedangkan musim panas, karbon dioksida menyublim dan meningkatkan tekanan atmoster.

Baca Juga : Hampir Punah, 100 Species Buaya Gharial Lahir Di Nepal

Coriosity juga menemukan komposisi nitrogen dan argon mars dapat bertambah dan berkurang seiring musim karena tekanan atmoster yang berubah di Gale Crater.

Melihat hal ini, para ilmuwanpun berasumsi bahwa oksigen juga akan melakukan hal yang namun, temuan yang du publikasikan dalam Journal of Geophysical Research : Planets mengungkapkan bahwa ternyata tidak demikian,

Ini adalah pertama kalinya kami melihat perilaku menarik ini selama beberapa tahun, ujar Melissa Trainer, pemimpin penelitian dan ilmuwan planet di Goddard Space Flight Center NASA.

No comments:

Post a Comment