Kabar Berita Politik Terbaru Seputar Indonesia

Merupakan tempat sajian kabar berita terbaru seputaran berita indonesia tentang politik

Saturday, November 30, 2019

Para Ahli Berhasil Catat Detak Jantung Paus Biru Pertama Dalam Sejarah


KBPTINDONESIA.BLOGSPOT.COM, SAINS - Alih biologi kelautan berhasil mencatat dekat jantung pada ikan raksasa paus biru di alam liar untuk pertama dalam sejarah

Hasil dari pencatatan itu juga berhasil menunjukan bahwa kalau ternyata jantung membantu catacea tersebut menahan nafas dalam waktu yang lama.

Para Ahli Berhasil Catat Detak Jantung Paus Biru Pertama Dalam Sejarah

Studi yang di terbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences, Senin 25 November 2019 mengungkap pula bagaimana paus biru dapat mengerahkan energi untuk paru-paru ketika kembali ke permukaan dengan cepat.

Paus biru merupakan ikan raksaksa yang terbesar didalam lautan itu. mamalia akuatik tersebut memiliki panjang hingga 30 meter dengan berat mencapat 173 metrik ton atau 172.365 kilogram. atau setara dengan 28 gajah Afirika yang merupakan hewan terbesar di daratan.

Dengan mengingat ukuran paus biru yang sangat besar, para ahli biologi kelautan di seluruh dunia selalu kesulitan mencatat detak jantung mereka.

Penelity dari Stanford Universitu Jeremy Goldbogen dengan team pun mengembangkan elektrokardiogram ( EKG ) yang dapat di tempel pada paus biru seperti mangkuk isap (suction cup )

Tantangan yang harus kami lakukan , mulai dari menemukan paus biru , menempelkan alat di tempat yang sesuai dan memastikan berfungsi serta merekam data, ujar Goldbogen

Baca Juga : Seekor Anak Anjing Yang Berusia 18.000 Tahun di Temukan

Para penelitianpun berhasil memasang perangkat mereka di sebelah sirip paus biru jantan berusia 15 tahun di Monterey Bay California

Keunggulan dari perangkat tersebut bisa melacak reime jantung paus saat menyelam hingga kedalaman 184 meter hingga saat hewan tersebut berada di dalam air selama hampir 17 menit.

No comments:

Post a Comment